Senin, 19 November 2018

Ulasan Seputar Turbin di Pusat Power Plant Indonesia Tenaga Uap


Power Plant Indonesia Sewatama

Di Indonesia banyak jenis pembangkit listrik atau power plant. Salah satu power plant Indonesia adalah yang menggunakan uap atau yang biasanya disebut dengan PLTU. Untuk bisa mengoperasikan PLTU tersebut maka dibutuhkan turbin. Di bagian turbin tidak ada bagian mesin yang bergerak translasi akan tetapi bergerak secara rotasi. Turbin yang bergerak disebut dengan roda/rotor atau poros turbin dan bagian yang tidak berputar disebut dengan stator.

Roda turbin ada di bagian dalam rumah turbin dan memutar poros daya yang bergerak untuk memutar bebannya. Pada PLTU, terdapat 2 jenis turbin uap yang dapat diaplikasikan di dalam pusat listrik tenaga uap. Pertama adalah turbin impuls. Jenis turbin ini adalah turbin yang proses ekspansinya atau penurunan tekanan serta fluida kerja uap hanya ada atau terjadi di bagian nosel atau di baris sudu tetapnya saja. Saat terjadi penurunan tekanan uap tersebut yang timbul karena sudu gerak berputar sehingga terdapat kecepatan relatif antara sudu gerak dan uap, dan karena hal tersebut maka akan terjadi perubahan kecepatan.

Kedua adalah turbin reaksi. Jenis turbin yang terpasang di pembangkit listrik tenaga uap ini adalah turbin dengan proses ekspansi atau penurunan tekanan terjadi baik saat terjadi di dalam baris sudu tetap dan di sudu gerak karena fungsi dari kedua komponen tersebut adalah untuk nosel atau nozzle. Karena hal tersebut maka kecepatan relatif uap yang keluar setiap sudu bisa lebih besar dan kecepatan relatif uap yang masuk sudu yang bersangkutan. Karen ahal tersebut kecepatan absolut uap yang keluar sudu gerak menjadi lebih kecil dibandingkan dengan kecepatan absolut uap yang masuk sudu berak yang bersangkutan sehingga sebagian energi kinetik diubah untuk memutar roda turbin.

Selain pembangkit listrik tenaga uap, ada power plant Indonesia pasa website http://sewatama.com/id/about-us/  yang menggunakan jenis bahan bakar atau penggerak yang lainnya dan salah satunya adalah diesel. Di Indonesia, ada Sewatama yang bekerja sama dengan investor perusahaan negara atau swasta dan pemerintah pusat dan daerah, yang mengembangkan solusi kelistrikan untuk jangka panjang sehingga hasil listrik yang dihasilkan tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar