Sabtu, 19 Januari 2019

Kalender Kehamilan Online - Mengintip Aktivitas Janin dalam Kandungan

Kalender Kehamilan Online
Kehamilan menjadi salah satu rangkaian kebahagiaan bagi seseorang yang telah berumahtangga. Kehadiran si kecil nantinya akan menjadi penyempurna bagi sebuah keluarga. Oleh karenanya apabila saat ini Anda tengah hamil, pastikan untuk mengupayakan yang terbaik untuk menjaga kesehatan kandungan. Manfaatkan kalender kehamilan online untuk mengetahui perkembangan usia kehamilan secara tepat. 

Dengan mengetahui usia kehamilan, Anda akan selalu bisa mengikuti perkembangan janin yang tengah dikandung. Apalagi saat USG, dimana Anda dapat memperhatikan gerak-gerik janin tersebut.
Kira-kira apa ya yang dilakukan janin ketika masih berada dalam kandungan? Berikut adalah ulasannya. 

Usia Kehamilan 16 Minggu
Saat melakukan USG, pada layar monitor Anda dapat melihat si janin melakukan gerak-gerik lucunya untuk mengecap rasa air ketuban. Layaknya bayi yang sudah lahir, janin ini juga menunjukkan gerakan menghisap. 

Usia Kehamilan 20 Minggu
Pada usia ini tubuh janin akan dilindungi oleh lapisan lemak yang disebut vernix caseosa. Lapisan tersebut dapat menjaga kulit janin yang mana selama dalam kandungan berada dalam air ketuban.
Pada minggu ke 20 ini pula lah janin akan banyak menelan. Terlihat janin akan lebih sering mengecap dan menghisap cairan ketuban. 

Usia Kehamilan 24 Minggu ( 6 bulan)
Pada usia ini, janin dalam kandungan sudah mampu mendengar. Apabila Anda mendengarkan musik atau lainnya, maka janin justru asyik mendengarkan segala suara yang dihasilkan oleh aktivitas dalam tubuh Anda. 

Janin bisa mendengar suara usus yang bising, detak jantung ibu, hingga suara-suara yang timbul karena ia sibuk bermain air ketuban. Lucu ya! 

Kendati demikian, perkembangan janin juga dipengaruhi oleh apa yang terjadi di luar “kamarnya”. Untuk itu pastikan Anda selalu menjaga sikap dan perkataan dengan hal-hal yang positif agar janin tidak stress selama berada dalam kandungan. 

Usia Kehamilan 4 Bulan
Memasuki usia kehamilan 4 bulan, janin sudah mulai peka akan cahaya. Walaupun di dalam kandungan tidak ada cahaya, tapi janin dapat merasakan bahwa ada cahaya yang berada di luar tubuh Anda. 

Hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti yang merangsang mata janin dengan cara mengarahkan cahaya pada perut ibu, dan lucunya, janin memberikan respon mengerjap ketika cahaya tersebut diarahkan padanya. 

Sebenarnya masih banyak lagi perkembangan-perkembangan bayi yang dapat Anda lihat pada layar monitor ketika melakukan USG. Namun biasanya USG ini memang dilakukan secara berkala, bersamaan dengan Anda memeriksakan kandungan. Apapun itu, tetap nikmati masa-masa kehamilan Anda ini dengan tetap melakukan hal-hal positif agar janin selalu sehat. 

Selain itu, pastikan pula Anda mengikuti setiap tahapan perkembangan janin dalam kandungan dari minggu ke minggunya. Jika kesulitan menghitung usia kehamilan secara manual, Anda bisa mengandalkan kalender kehamilan online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar