Sabtu, 18 Mei 2019

4 Tips Jitu Memilih Mukena Anak, Bikin Si Kecil Rajin Salat!

Sudah menjadi impian setiap orang tua, agar anaknya terbiasa mendirikan salat sedari dini. Selain dengan sering mengajak anak salat bersama, jenis serta rupa peralatan salat seperti mukena juga sangat mempengaruhi minat anak. Semakin menarik mukenanya, maka semakin tinggi minat anak mengenakannya. Ikuti tips berikut, agar Anda semakin lihai memilih mukena anak yang pas.    

Mukena Anak

1.    Pilih Mukena dengan Ukuran yang Pas
Sebaiknya Anda membawa serta anak saat membelikannya mukena. Ini dilakukan agar ukuran mukena pas untuk anak. Pastikan bahwa ukuran mukena di bagian wajah, sesuai dengan lingkar wajahnya. Kalau kekecilan, anak akan merasa sesak ketika memakainya. Anda tentu tak mau juga mengambil risiko dengan menggunakan peniti, agar mukena yang kebesaran bisa pas dipakainya. 

Selain itu, pilihlah mukena dengan panjang yang sesuai dengan tinggi anak. Jangan sampai mukenanya terlalu panjang, karena sedikit banyaknya akan membatasi ruang gerak anak. Anak-anak tentu berada dalam fase aktif bergerak. Hindari juga mukena yang panjangnya pas-pasan atau malah pendek, hingga tak bisa menutupi tangan anak. Jatuhnya malah tidak menutupi aurat.   

2.     Pilih Mukena dari Bahan yang Adem
Bahan dasar mukena merupakan faktor penting yang tak boleh Anda abaikan saat membeli mukena untuk anak. Sebaiknya, pilih mukena yang terbuat dari bahan katun, sutra, atau parasut. Ketiga bahan ini sudah terbukti adem dan sejuk, sehingga memberikan kenyamanan pada anak. Anak juga tak akan merasakan gerah dan panas saat memakai mukena dengan bahan ini .  

Jika Anda memilih mukena anak yang tak bisa menyerap keringat dengan baik, maka dia akan sangat kegerahan. Alhasil, dia jadi malas untuk memakai mukena dan ujung-ujungnya dia urung melaksanakan salat. Jangan khawatir soal biaya untuk membeli mukena dengan bahan yang bagus. Sudah banyak kok mukena yang terbuat dari katun lokal dan dijual dengan harga terjangkau.


3.    Hindari Mukena dengan Detail Bordir yang Banyak
Jangan karena ingin memiliki mukena yang seragam dengan anak, Anda pun memberikannya mukena dengan aksen border yang seabrek banyaknya. Mukena yang sebagian besar dipenuhi bordiran, biasanya memiliki bobot yang lebih berat. Anak bisa saja menjadi tak nyaman juga tak begitu leluasa untuk bergerak, karena bobot mukena tersebut. 

Pilihlah mukena yang terbuat dari bahan yang ringan, agar tak menghambat gerak anak. Dengan memakai mukena berbahan ringan, gerak anak pun jadi tak terbatas. Jika Anda masih ingin anak memakai mukena dengan detail bordir, usahakan jumlahnya tak terlalu banyak. Anda bisa memilih mukena dengan aksen bordir di bagian pinggir bawahnya saja.
 
4.    Pilih Mukena dengan Motif yang Disukai Anak
Terakhir, tips paling jitu untuk menarik hati anak menggunakan mukena dan menjalankan salat adalah memberinya mukena dengan motif yang disukainya. Sekarang, begitu banyak motif serta desain mukena yang dirancang khusus untuk anak-anak. Mukena pun tersedia dalam aneka warna yang disukai anak-anak, sehingga Anda punya banyak pilihan sebelum memutuskan membelinya. 

Cari tahu dulu apa hal yang disukai anak Anda. Jika dia suka bunga, pilih mukena dengan motif serupa. Pastikan juga warna mukena yang Anda pilih, merupakan warna kesukaannya. Jika mukena yang Anda belikan sesuai dengan seleranya, maka dia tak akan keberatan untuk memakainya. Malah dia akan merasa sangat senang untuk memakai mukena tersebut. 

Sebagai orang tua, Anda harus berpandai-pandai dalam mengajak anak untuk mendirikan salat. Salah satu cara membuatnya terbiasa salat, adalah dengan memberinya mukena anak yang pas, nyaman, adem, serta memiliki motif yang disukainya. Saat Anak sudah nyaman memakai mukena tersebut, dia pun tak akan merasa pengap dan gerah dalam mendirikan salat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar