Senin, 20 Mei 2019

Trik Jitu Mengelola Pinjaman Dana agar Tepat Sasaran

Pinjaman Dana

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak hal yang kemudian membuat baik bisnis maupun personal mesti melakukan pinjaman dana secepatnya. Melakukan pinjaman ini memang bisa mengatasi keuangan secara cepat. Namun sayangnya, kebanyakan orang tidak mampu mengelola dengan baik hingga malah menimbulkan masalah besar lainnya. Berikut ini trik jitu mengelolanya. 

1. Pahami Betul Tujuan dari Melakukan Pinjaman
Trik jitu pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memahami betul tujuan dari melakukan pinjaman itu sendiri. Langkah ini sendiri bisa dibilang adalah langkah paling vital sebelum nantinya Anda melakukan pinjaman. Pastikan terlebih dulu bahwa kebutuhan yang Anda miliki memang sudah sangat mendesak dan memang membutuhkan bantuan dari dana secepatnya. 


Setelah itu, pastikan juga bahwa dana pinjaman yang sudah didapatkan maka disalurkan khusus untuk kebutuhan tersebut. Kesalahan banyak orang selama ini adalah menggunakan dana pinjaman tersebut untuk berbagai kebutuhan lainnya. Hal itu sudah dapat dipastikan akan membuat dana pinjaman menjadi tidak tepat sasaran dan membuat kondisi malah makin runyam. 


2. Lakukan Perhitungan dengan Detail untuk Pemanfaatan Dana
Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan perhitungan dengan detail untuk pemanfaatan dana yang sudah dipinjam tersebut. Jangan sampai dana yang sudah susah payah dipinjam ternyata malah tidak tepat sasaran dan beralih ke berbagai kepentingan lainnya. Supaya tidak terjadi hal ini maka penting sekali melakukan perhitungan yang mendetail. 


Perhitungan mendetail ini sendiri mencakup berapa jumlah dana yang dipinjam, berapa bunga yang didapatkan hingga bagaimana pembagian dana tersebut sesuai kebutuhan. Contoh sederhananya adalah ketika Anda ingin meminjam dana untuk kepentingan bisnis. Langsung bagikan dana untuk kebutuhan sewa tempat, pembayaran bahan baku hingga yang lainnya. 


3. Pilih Pihak Peminjam dengan Bunga Rendah
Salah satu masalah utama dari orang yang melakukan pinjaman adalah bunga yang terus berkembang dan semakin banyak. Hal ini semakin memburuk apabila ternyata bunga yang berlaku terbilang tinggi. Sesuatu yang bakal memberatkan Anda di masa mendatang ketika ingin melunasi pinjaman ini. Solusinya adalah dengan memilih pihak peminjam dengan bunga rendah.


Walau sebenarnya juga tidak bisa dipungkiri bahwa bukan perkara yang mudah sekarang untuk bisa menemukan hal tersebut. Soalnya sekarang ini pastinya lebih banyak pihak pemberi pinjaman yang memasang bunga tinggi guna mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Untuk itulah, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui latar belakang dari pihak peminjam. 


4. Pisahkan Dana dari Pinjaman dengan Uang Pribadi
Jangan pernah melakukan satu kesalahan besar satu yaitu mencampurkan uang dari pinjaman dana dengan uang pribadi. Bukan tanpa alasan karena mencampurkan antara uang pinjaman dengan uang pribadi bisa membuat segalanya semakin memburuk. Soalnya Anda akan kesulitan untuk mengoptimalkan dana tersebut guna mengarahkannya pada kantong yang dibutuhkan. 


Selain itu, dengan melakukan hal ini juga membuat Anda tidak akan menggunakan uang dari pinjaman tersebut untuk kepentingan pribadi. Soalnya hal ini seringkali terjadi pada mereka yang mencampurkan antara uang dari pinjaman dengan uang pribadi. Bahkan tidak ada salahnya untuk menciptakan catatan tersendiri supaya dana yang dimiliki tidak saling tercampur. 


5. Sisihkan Keuntungan untuk Membayar Cicilan Setiap Bulannya
Seperti yang diketahui bahwa salah satu kewajiban yang mesti dilakukan ketika melakukan pinjaman adalah membayar cicilan. Masalahnya banyak orang yang kendala ketika melakukan pembayaran cicilan ini. Penyebab utama banyak orang mengalami kendala dalam membayar cicilan ini adalah karena pengaturan keuangan yang bisa dibilang jauh dari harapan.
Untuk itulah, penting sekali bagi Anda untuk menyisihkan keuntungan yang dimiliki guna membayar cicilan setiap bulannya. Keuntungan tersebut diambil dari keuntungan bisnis yang dimiliki hingga pendapatan setiap bulannya. Bahkan sangat disarankan untuk membuat catatan khusus supaya pengaturan dari keuangan ini bisa pas untuk cicilan setiap bulannya. 


6. Jika Sanggup, Lunasi Lebih Awal
Satu hal yang kemudian membuat hutang atau pinjaman ini terasa berat adalah karena proses pembayarannya yang terhitung lama. Kondisi tersebut membuat bunga yang dimiliki semakin besar dan juga semakin memberatkan. Tentu satu-satunya solusi untuk masalah yang satu ini adalah Anda mesti melakukan pembayaran lebih awal dari tenggat waktu yang dijanjikan. 


Soalnya dengan melakukan hal ini maka Anda akan terhindar dari bunga yang terlalu besar hingga berbagai tambahan biaya lainnya. Bahkan tidak ada salahnya untuk membayar cicilan setiap bulannya dengan nilai yang lebih besar dari seharusnya. Soalnya dengan melakukan cicilan akan menjadi cepat dan pastinya akan berdampak pada hutang yang cepat lunas. 


Hanya saja, sebelum melakukan langkah yang satu ini maka pastikan terlebih dulu bahwa pihak peminjam uang tersebut memang menyetujuinya. Dalam arti kata lain, pihak peminjam uang setuju apabila hutang dibayarkan lebih cepat daripada yang seharusnya. Soalnya ada beberapa pihak peminjam yang kurang setuju dengan persetujuan pembayaran lebih cepat di awal. 


Melakukan proses peminjaman uang ini memang bukan perkara yang sepele. Hal tersebut tidak lepas karena mesti banyak hal yang dipertimbangkan. Jadi penting sekali bagi Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Salah satunya dengan kalian bisa cek di https://www.cekaja.com/kredit/ yang lebih memudahkan pastinya.

1 komentar: