Selasa, 23 Juli 2019

Pentingnya Pemenuhan Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan

Bagi orang tua, mungkin kita sudah tidak asing dengan istilah scaling up nutrition yang bermaksud sebagai pemenuhan kebutuhan anak selama masa 1000 hari pertama kehidupan. Masa ini juga sering disebut window of opportunity. Lantas, mengapa harus 1000 hari pertama dan apa pentingnya pemenuhan nutrisi di masa ini?
1000 hari pertama kehidupan
 
1.    Menciptakan Suasana Pertumbuhan yang Baik
Sebagian orang tua mendapatkan kehamilan tanpa perencanaan sehingga apa yang dilakukannya dalam memenuhi setiap kebutuhannya pun tidak dapat maksimal. Menciptakan situasi yang baik tentunya menjadi salah satu faktor yang penting dalam pemenuhan nutrisi 1000 hari pertama si kecil.
 
Dengan mempersiapkan kehamilan, nutrisi dan kebutuhan lain si kecil maka dapat memberikan suasana yang optimal untuk tumbuh kembang anak. Situasi yang baik ini memberikan kenyamanan pada anak sehingga mereka bisa tumbuh dengan kondisi psikologis yang baik dan juga tumbuh kembangnya berjalan lebih optimal. 
 
2.    Mencegah Terjadinya Masalah Kepribadian
Nutrisi paling baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak adalah ASI. ASI menjadi asupan nutrisi terbaik yang bisa diberikan pada buah hati. Itulah mengapa semua dokter pasti sangat merekomendasikan ASI sebagai asupan nutrisi si kecil. Hal ini dikarenakan banyaknya manfaat yang akan diberikan saat pemberian ASI.
 
Salah satunya adalah memberikan kenyamanan dan kedekatan dalam emosi anak dengan orang tua, khususnya ibu. Dengan memberikan ASI, ibu akan menggendong, memeluk, mengajak bicara dan menatapnya dengan penuh kasih sayang. Situasi inilah yang akan berdampak baik untuk kepribadian si kecil nantinya. 
 
Anak yang mendapatkan kasih sayang dan pemenuhan nutrisi dari ASI akan membuat anak merasakan kedamaian sehingga nantinya anak menjadi pribadi yang penuh kasih sayang. Masalah kepribadian pun bisa dicegah dengan cara yang mudah ini, jadi jangan segan untuk memberikan ASI sambil menunjukkan rasa sayang Anda.
 
3.    Berpengaruh pada Perkembangan Otak
Pemenuhan nutrisi saat 1000 hari pertama kehidupan si kecil, pastinya akan berpengaruh terhadap perkembangan otak atau kecerdasan anak, terutama pada usia 22 bulan. Bahkan, pada usia ini, kemampuan akademis anak bisa diprediksi untuk usia 26 tahun kedepan sehingga Anda tidak boleh melewatkan masa yang penting ini. 
 
Bayi yang baru lahir, mereka hanya mengalami perkembangan otak sebesar 25%. Tapi setelah itu, yaitu pada usia 3 tahun, perkembangan otak anak meningkat sangat pesat, yaitu 80%. Apabila tidak dimaksimalkan dengan baik, perkembangan otak hanya berjalan seperti umumnya dan tidak bisa optimal. 
 
Hal inilah yang membuat pemenuhan nutrisi pada masa emas sangat penting. Berbagai gizi dan nutrisi yang didapat, membuat perkembangan otak bisa bekerja lebih optimal dan hal ini akan berpengaruh pada kemampuan akademis anak kedepannya. 
 
4.    Masa Emas Pertumbuhan
Bukan saja perkembangan otak, masih banyak bagian lain yang mengalami perkembangan dengan pesat pada masa ini, seperti kemampuan motorik, pertumbuhan fisik, daya ingat, sistem imun dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat 1000 hari pertama sering disebut sebagai masa emas pertumbuhan. 
 
Bukan saja nutrisi yang didapat setelah lahir, pemenuhan nutrisi ketika di dalam kandungan juga harus diperhatikan karena masa ini juga penting untuk tumbuh kembang anak nantinya. Pastikan jika sang ibu dan janin mendapatkan nutrisi sesuai kebutuhannya.
Itulah tadi informasi mengenai pentingnya pemenuhan nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan. Banyak makanan dan minuman sehat yang bisa Anda berikan pada si kecil. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan usia anak dan kemampuan sistem pencernaannya. Pastikan jika setiap nutrisi yang dibutuhkan dapat terpenuhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar