Senin, 22 Juli 2019

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga yang Tepat

Keluarga merupakan harga yang paling berharga yang pernah kita miliki. Untuk itu, kesehatan setiap anggota keluarga menjadi penting untuk diperhatikan karena rasa sakit satu orang, satu keluarga pun akan merasakannya. Oleh karena itu, penting untuk memilih asuransi kesehatan keluarga yang tepat dan menguntungkan.

Asuransi Kesehatan Keluarga

 1.    Ketahui Kebutuhan Anda dan Keluarga
Setiap keluarga pasti memiliki kebutuhan akan kesehatan yang berbeda-beda, tergantung dengan kondisi tubuhnya. Itulah mengapa penting untuk mengetahui cakupan kebutuhan kesehatan keluarga sebelum akhirnya membeli produk asuransi kesehatan karena setiap produk mungkin memiliki cakupan yang berbeda-beda. 
 
Dengan mengetahui kebutuhan kesehatan secara lebih spesifik, maka Anda akan mendapatkan asuransi dengan cakupan polis yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa melihat riwayat kesehatan keluarga dan beberapa peristiwa umum yang mungkin memberikan risiko terhadap kesehatan keluarga Anda. 
 
2.    Sesuaikan dengan Budget
Memilih asuransi kesehatan, tidak melulu harus memikirkan cakupan kesehatannya, kita juga harus memikirkan budget yang dimiliki. Semakin luas cakupan kesehatan yang ditawarkan, biaya preminya pasti juga lebih mahal. Itulah mengapa Anda juga harus melihat beban premi yang harus dibayarkan setiap bulan, apakah sesuai.
 
Bukan hanya memikirkan budget untuk premi, tapi Anda juga perlu melakukan anggaran untuk dana asuransi. Misalnya saja, berapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan jumlah premi tersebut. Pikirkan, apakah Anda masih mendapatkan untung atau justru merugi karena cakupannya tidak terpakai sama sekali.  
 
3.    Pahami Sistem Asuransi
Perusahaan asuransi biasanya menawarkan dua jenis sistem asuransi kesehatan keluarga, yaitu asuransi kesehatan reimburse dan asuransi kesehatan cashless. Keduanya memiliki karakter yang berbeda sesuai dengan cara pembayaran tagihan rumah sakit atau biaya pengobatan.
 
Sistem yang pertama adalah reimburse dimana Anda diharuskan mengurus dan membayar biaya pengobatan terlebih dulu baru kemudian biaya tersebut bisa Anda tagihkan pada pihak asuransi dengan mengajukan klaim reimburse. 
 
Berbeda dengan sistem cashless dimana Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya pengobatan ataupun perawatan. Biaya tersebut akan langsung terbayarkan dengan kartu asuransi yang Anda miliki. Anda perlu menimbang kelebihan dan kekurangan kedua sistem ini, sebelum akhirnya memilihnya. 
 
4.    Kenali Rumah Sakit Rekaan
Untuk menarik minat para calon pembeli, pihak asuransi biasanya memiliki kerja sama dengan sejumlah rumah sakit yang bisa dipilih oleh pemilik polis asuransi. Semakin banyak rumah sakit rekaan yang dimiliki, maka semakin mudah bagi kita untuk mendapatkan perawatan atau pengobatan sesuai kebutuhan. 
 
Pastikan jika perusahaan asuransi yang Anda pilih memiliki rumah sakit rekaan yang berkualitas, pelayanan baik dan juga fasilitas yang lengkap. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga bisa mengakses rumah sakit dengan mudah. 
 
5.    Bandingkan Produk Asuransi dari Berbagai Perusahaan
Mengingat pentingnya kebutuhan asuransi kesehatan untuk keluarga, banyak perusahaan asuransi yang kemudian menawarkan produk asuransi ini. Anda pun akan melihat banyaknya perusahaan asuransi yang bisa dipilih. Bahkan, hampir setiap penawarannya pun menarik hati. 
 
Namun, Anda jangan langsung terpikat dengan tawaran tersebut. Anda juga perlu melihat dan membandingkannya dengan perusahaan asuransi lain. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan asuransi dengan keuntungan yang lebih banyak dan tingkat risiko yang lebih ringan. 
 
Itulah tadi informasi mengenai tips memilih asuransi kesehatan keluarga yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada. Pemilihan produk asuransi bisa dilakukan dengan tepat, jika kita sudah memilih perusahaan asuransi yang terpercaya. Semoga Anda bisa mendapatkan perusahaan asuransi sesuai yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar