Senin, 04 November 2019

Berikan Pelayanan Servis Terbaik Dengan SOP Teknisi Laptop Standart

Teknisi Laptop
 
Penggunaan laptop bagi para pekerja maupun mahasiswa, nampaknya hampir tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari hari . Hal ini dikarenakan fungsi laptop yang beragam, membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk mengerjakan segala tugas yang diberikan. Apabila laptop yang digunakan rusak, maka segala aktifitas akan terganggu. Sebelum menyerahkan pada tukang servis, yuk kenali apa itu SOP bagi teknisi Laptop standar.
 

Penerapan SOP Apabila Laptop Mengalami Hang!

1. Lakukan Pengecekan Pada Software Laptop
Kerusakan yang paling sering ditemui adalah hank , yang menyebabkan alptop tidak bisa berfungsi dengan semestinya.  Hank yang bisa saja terjadi adalah restart dengan sendirinya, blue screen, tidak bisa diinstal OS, ataupun loading secara terus menerus. Untuk  mengetahui masalah pada laptop, perlu dilakuakn pengecekan secara menyeluruh, mulai dari doftware checking, hardware cheiking, pengecekan ram, dan sebagainya. 
 
Untuk mengecek apakah ada kerusakana pada software laptop, bisa dilakukan dengan mudah. Langkah pertama adalah dneagn menghidupan laptop tanpa menggunakan hardisk. Sebelum melakukannya, ada baiknya untuk melepaskan baterai laptop terlebih dahulu ketika memasuki tahap pemeriksaan. Kemudian, hidupkan laptop dan masuk ke bios setup dengan perpaduan tombol F2 / F10 / dell. 
 
Setelah berhasil masuk ke bios sesuai dengan apa itu SOP, mak ubahlah pengaturan ke setup default (f)9, dan jangan lupa untuk menyimpannya sebelum keluar (F10dan enter ) dari bios. Akan lebih baik jika menggunakan window X atau Hirent boot utillity untuk mengubah boot option. Selain itu, anda juga bisa merubah pengaturan yang ada pada boot priority ke usb hdd. Ketika proses tersebut selesai dilakukan, jalankan windows mini yang ada di usb fdd atau cd.
 
Apabila berhasil dilakukan, lakukanlah pengecekan pada sistemnya. Apabila tidak ditemukan masalah pada software laptop, maka ada kemungkinan terjadi kerusakan pada HDD, install ulang,  ataupun pada operating system Recovery. Jika laptop masih mengalami masalah, cobalah menjalankannya menggunakan HDD lainnya. Apabila HDD baru ini berjalan normal, maka akar permasalahan telah ditemukan. Namun jika HDD  baru dipasang namun masih mengalami masalah, maka diperlukan analisa lebih lanjut. 
 
2. Pengecekan Lanjutan Pada Hardware Laptop
Analisa lebih dalam ini dilakukan apabila pengecekan software masih menunjukkan masalah.  Tahap pertama dalam apa itu SOP laptop hank adalah lepaskan semua komponen laptop, mulai dari HDD, keyboard, Wifi, baterai, optick, dan sebagainya. Namun anda tidak perlu melepaskan beberapa komponen penting seperti processor, fan, dan memori sodim. Apabila komponen device telah dilepaskan, saatnya untuk menyalakan laptop kembali menggunakan Lcd external, HDD, dan keyboard external. 
 
Apabila laptop dapat berjalan normal, maka salah satu device yang dilepaskan mengalami kerusakan. Untuk mengeceknya, anda perlu memasang satu per satu device tersebut. Namun apabila prosedur diatas telah dilakukan tetapi laptop masih mengalami masalah,  maka ada kemungkinan akar permasalahan terletak pada circuit motherboard. Sebelum mengecek bagian motherboard, bisa melakukan pengecekan komponen non onboard lebih dulu. 
 
3. Pengecekan Pada Ram atau Sodium Laptop
Apabila masih belum diketahui akar permasalahan pada laptop, anda bisa mengecek pada komponen laptop lainnya. salah satu komponen yang harus diperiksa berdasarkan apa itu SOP adalah Ram atau Sodium laptop itu sendiri. Caranya adalah dengan mengganti memori atau memindahkan memori laptop ke dalam soket yang lain. hal ini berfugnsi untuk mengetahui apakah soket saja yang mengalami masalah. 
 
Laptop memang buatan manusia, sehingga bisa mengalami kerusakan ataupun ada kekurangan pada software maupun hardwarenya. Permasalahan laptop yang paling banyak ditemui adalah adanya hank, sehingga laptop tidak dapat digunakan maupun digerakkan. Untuk mengetahui akar permasalahan, perlu dilakukan pengecekan dan analisa tertentu. agar tidak salah memperbaikinya, lebih baik bawa laptop ke tukang servis terdekat anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar