Senin, 23 Desember 2019

Bingung? Berikut 5 Cara Mengatasi Diare Paling Ampuh di Rumah

Makanan Rendah Serat

Ketika anda berkali-kali harus buang air besar bahkan bisa mencapai lebih dari 3kali maka anda dijamin sedang terkena diare. Hal ini tidak lain karena penyakit diare ini sendiri memang akan menyerang sistem pencernaan. Dimana gejala atau tanda dari penyakit ini diantaranya adalah perut yang terasa lemas, feses yang lembek dan cair, kram di perut hingga kembung.
 
Penyakit ini sendiri bisa dibilang sebagai penyakit yang bisa menyerang siapapun baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Jika penyakit ini dibiarkan begitu saja, maka akan semakin parah dan membuat anda kesulitan untuk melakukan aktivitas. Untuk itulah, mengetahui bagaimana cara mengatasi penyakit yang satu ini sangat penting untuk diketahui.
 
Cara mengatasi diare dengan cepat
Sebenarnya untuk mengatasi diare ini pun tidaklah sulit. Terlebih lagi jika diare tersebut tidak dalam kondisi yang kronis. Karena anda masih bisa mengatasinya di rumah tanpa perlu ke dokter. Inilah yang harus anda ketahui untuk melakukan antisipasi terlebih dahulu. Untuk itulah, bagi anda yang ingin diare cepat sembuh, anda bisa melakukan cara dibawah ini.
 
1.    Mengkonsumsi banyak air mineral
Orang yang terkena diare biasanya akan lebih rentan untuk terkena dehidrasi. Untuk itulah air putih bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk mengatasi dehidrasi yang anda derita selama terkena penyakit ini. Dengan adanya asupan cairan yang cukup, maka tubuh anda tidak akan mengalami kekurangan cairan. 
 
Cara yang satu ini biasanya sangat cocok apabila diterapkan pada anak-anak maupun lansia karena kelompok umur tersebut merupakan umur yang rentan terkena dehidrasi. Selain itu, mengkonsumsi cairan elektronik juga bisa menjadi pilihan.
 
2.    Makanan yang rendah akan serat
Ketika kondisi anda sedang sehat, mengkonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi memang bisa menjadi pilihan tetapi tidak ketika anda sedang terkena diare. Adapun makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah makanan dengan kandungan karbohidrat rendah serat dengan rasa tawarn.
 
3.    Hindari makanan penyebab diare
Menghindari makanan yang bisa menyebabkan diare juga wajib untuk anda lakukan. Adapun makanan yang bisa menyebabkan diare diantaranya adalah kacang polong, kol, kubis, brokoli, beri, sayuran berdaun hijau dan lainya.
 
4.    Mengkonsumsi teh chamomile
Cara atasi diare yang berikutnya adalah dengan mengkonsumsi the chamomile. Cara mengatasi diare yang satu ini bisa menjadi pilihan yang terbaik terutama untuk mengatasi gejala diarea seperti perut kembung.
 
5.    Makan dalam porsi kecil
Cara terakhir yang bisa anda coba agar diare anda bisa sembuh adalah dengan makan dalam porsi yang kecil. Jangan sampai anda memaksakan usus anda untuk bekerja ekstra selama mengalami diare karena justru akan menyebabkan diare lebih parah.
 
Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi diare agar tidak semakin parah. tetapi apabila anda sudah melakukan cara diatas tetapi tetap tidak berhasil , sebaiknya anda bisa segera berkonsultasi dengan dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar